Kharakteristik Marshall Pada Perkerasan Lentur AC Base dan HRS WC (Studi Kasus : Peningkatan Jalan Pelabuhan Peranggas – Lemang, Kabupaten Meranti)

  • MARHADI SASTRA politeknik negeri bengkalis
Keywords: HRS-WC, AC-Base Levelling, KAO

Abstract

Peningkatan Jalan Pelabuhan Peranggas – Lemang merupakan kegiatan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Meranti pada Tahun Anggaran 2015, Lokasinya berada di kecamatan rangsang barat. Jalan ini adalah jalan poros yang menjadi proyek prioritas pemerintah daerah meranti, mengingat daerah ini baru dimekarkan dari kabupaten bengkalis. Harapannya jalan ini akan membuka akses daerah-daerah yang terisolir sebelumnya.

Dalam pengujian properties agregat dan aspal di laboratorium jalan raya politeknik negeri bengkalis. Setelah dilakukan pengujian, didapat aspal pen 60/70 pertamina, agregat halus tanjung pinang, agregat kasar tanjung pinang, serta debu batu sebagai filler dari tanjung pinang memenuhi persyaratan aspal dan agregat sesuai Binamarga 2010 divisi 6 (revisi 3). Kemudian dilakukan jobmix aspal direncanakan dengan KAR sebesar 6,5% bagi perkerasan tipe HRS-WC dan KAR sebesar 5% bagi perkerasan tipe AC-Base Leveling.

Setelah dilakukan pengujian marshall, untuk perkerasan tipe HRS-WC didapat nilai  Kharakteristik marshall yang memenuhi persyaratan binamarga 2010 divisi 6 (revisi 3) pada KAO sebesar 6% sampai dengan 6,5 %. Untuk perkerasan tipe AC-Base Levelling didapat nilai Kharakteristik marshall yang memenuhi persyaratan binamarga 2010 divisi 6 (revisi 3) pada KAO sebesar 4,5%.

 

 

Published
2021-12-03
Section
Articles